Pentingnya Penerapan Manajemen Layanan Sistem Informasi pada Perusahaan atau Organisasi
Manajemen Layanan Sistem Informasi adalah suatu metode pengelolaan sistem informasi(SI) yang secara filosofis terpusat pada perspektif konsumen layanan SI terhadap bisnis perusahaan.
Manajemen Layanan Sistem Informasi berfokus
pada proses dan karenanya terkait dan memiliki minat yang sama dengan kerangka
kerja dan metodologi gerakan perbaikan proses (seperti Six Sigma, ERP, dsb)
Disiplin ini tidak memedulikan detail penggunaan produk suatu pemasok tertentu
atau detail teknis suatu sistem yang dikelola, melainkan berfokus pada upaya
penyediaan kerangka kerja untuk menstrukturkan aktivitas yang terkait dengan
sistem informasi dan interaksi antara personel teknis TI dengan pengguna
teknologi informasi.
Manajemen Layanan Sistem Informasi umumnya menangani masalah operasional manajemen sistem informasi dan bukan pada pengembangan teknologinya sendiri. Contohnya, proses pembuatan software komputer untuk dijual bukanlah fokus dari disiplin ini, melainkan sistem komputer yang digunakan oleh bagian pemasaran dan pengembangan bisnis di perusahaan perangkat lunak-lah yang merupakan fokus perhatiannya. Banyak pula perusahaan non-teknologi, seperti pada industri keuangan, ritel, dan pariwisata, yang memiliki sistem TI yang berperan penting, walaupun tidak terpapar langsung kepada konsumennya.
Manfaat dari Manajemen Layanan Sistem Informasi diantaranya:
- Memudahkan untuk mengidentifikasi kebutuhan yang kita butuhkan dan juga yang akan menerampilkan pendukung dalam sistem informasi. Hal ini memudahkan kita dalam pengerjaan dan juga memudahkan dalam kita untuk keterampilan dalam sistem informasi tersebut.
- Organisasi yang akan menggunakan sistem informasi sebagai untuk mengelolah banyak transaksi yang kita butuhkan , mengurangi biaya atau menghemat biaya dan juga bisa menghasilkan banyak pendapat untuk mereka semua. Maka dari itu kita semua akan merasa lebih mudah dalam mengerjakan apapun dengan layanan sistem informasi.
Peranan Manajemen Layanan Sistem Informasi:
Layanan sistem informasi memiliki banyak peran yang sangat efektif dan juga
sangat penting bagi organisasi manapun. Layanan sistem informasi memliki banyak
peran juga dalam kegiatan – kegiatan bisnis yang sangat operasional, dan juga
menunjang oragnisasi agar dapat mengambil kesimpulan, dan juga banyak menunjang
keungulan strategi kompeitif dalam organisasi. Contohnya seperti membangun dan
pelayanan yang lebih baik lagi yang telah di sediakan oleh pelayanan sistem
informasi.
Peranan manajemen layanan sistem informasi
bagi lingkungan sekitar ialah sebagai berikut :
- Mendukung
Operasional Bisnis.
Manajemen layanan sistem informasi menyediakan dukungan dalam operasional bisnis seperti akuntansi hingga penelusuran pesanan pelanggan maupun kegiatan-kegiatan bisnis yang dilakukan sehari-hari. - Mendukung
Keunggulan Strategis.
Sistem informasi yang dirancang sedemikian rupa dapat membantu mencapai sasaran mencapai sasaran yang dapat membantu bersaing dengan perusahan-perusahaan lainnya. - Perencanaan
Strategi Perusahaan dan Kebijakan
Untuk mengetahui selera konsumen serta peluang pasar. - Meningkatkan
Aksebilitas Data
Data dapat diakses secara cepat dan on-time dan akurat bagi pemakainya. - Meningkatkan
Strategi Suatu Layanan Secara Global dan Menyeluruh
Mampu meningkatkan persaingan bisnis secara global serta melakukan pengelolaan dan pengawasan pasar. - Meningkatkan
Efisiensi Kerja
Layanan sistem informasi berguna untuk mengolah berbagai macam transaksi, menekan biaya dan menghasilkan pendapatan sebagai salah satu produk atau pelayanan mereka. - Meningkatkan Daya
Saing Bisnis
Dengan semakin meningkatnya persaingan, manajemen layanan sistem informasi membantu sebuah perusahaan untuk bersaing di pasar bebas karena manfaatnya bagi perusahaan itu sendiri.
Sumber:
Musda.2012.An Introductory Overview of ITIL V3 di
https://ilmukomputer.org/wp-content/uploads/2012/02/Terjemahan-ITIL-V.3-IKC.pdf
(Akses 30 Juni 2021)
Ernest Brewster, Richard Griffiths, Aidan Lawes and John Sansbury.
2012. "IT Service Management A Guide for ITIL® Foundation Exam
Candidates". CPI Antony Rowe Ltd., Chippenham, UK ISBN: 978-1-906124-93-9
Comments
Post a Comment