Specification of Services and Business Models dan Service Management System
Specification of service
Specification of service merupakan pedoman
tertulis yang menjelaskan semua persyaratan dan tujuan dari setiap tahap
spesifik dari pengalaman layanan. Setiap langkah dijelaskan secara
mendetail, termasuk gambar atau materi relevan lainnya yang dapat membantu
memahami spesifikasi. Spesifikasi layanan dapat digunakan untuk membantu para
ahli dalam proses desain dan pengembangan (memberikan pengarahan kepada mereka
tentang aktivitas tertentu) dan untuk mengkoordinir implementasi layanan
(memberikan panduan tentang bagaimana berbagai komponen digunakan).
Contohnya
seperti pelayanan pada bidang perbankan dengan aktivitas online, pihak bank
memberikan pelayanan dengan cermat dan mudah. Dengan kita memberikan layanan
atau fasilitas dengan baik, nilai layanan akan berpengaruh kepada
pelanggan.
Business Models (Model Bisnis)
Bisnis model adalah
sebuah model dasar dari rencana bisnis yang menjelaskan bagaimana sebuah
perusahaan dapat menghasilkan keuntungan dari semua bagian bisnis. Dengan cara
menentukan produk atau jasa yang harus diciptakan dan nilai apa saja yang harus
diberikan kepada pelanggan. Menurut Businsses plans, ada 3 bagian yang bisa
digambarkan secara sederhana:
- Jenis produk yang dihasilkan dan ketersediaan tenaga kerja dalam
membuat produk tersebut.
- Strategi pemasaran yang dilakukan, distribusi, pengiriman, dan
proses penjualan
- Strategi harga yang digunakan serta metode pembayaran oleh
pelanggan
Service Management System
Manajemen
pelayanan adalah pendekatan yang berfokus pada pelanggan untuk menyampaikan
teknologi informasi. Serta kemampuan bagaimana organisasi harus memahami
tingkat kematangan proses untuk menjadi organisasi yang berorientasi layanan,
memberikan nilai kepada pelanggan dan juga kepada hubungan pelanggan.
Organisasi
manajemen layanan dapat berupa seluruh organisasi atau bagian khusus dari
organisasi itu, yang paling umum adalah organisasi atau departemen TI. Itulah
mengapa manajemen layanan sering dikaitkan dengan manajemen layanan TI, tetapi
yang terakhir hanya sebagian dari yang pertama. Manajemen layanan dapat
diterapkan pada organisasi apa pun seperti makanan, manufaktur, dan bahkan
perawatan kesehatan, tetapi gagasan intinya tetap sama — untuk menyediakan
sistem pusat untuk perencanaan, pengembangan, dan penyampaian layanan baik
kepada organisasi itu sendiri maupun kepada pihak ketiga.
Sumber :
https://www.techopedia.com/definition/30103/service-management-system-sms
https://ipqi.org/apakah-business-model-itu/
https://its.ucsc.edu/itsm/servicemgmt.html#:~:text=Service%20Management%20is%20a%20customer,also%20on%20the%20customer%20relationship.
https://yasm.com/wiki/en/index.php/Service_Management_Processes
https://servicedesigntools.org/tools/service-specifications
Comments
Post a Comment