Specification of Services and Business Models dan Service Management System

Specification of service

Specification of service merupakan pedoman tertulis yang menjelaskan semua persyaratan dan tujuan dari setiap tahap spesifik dari pengalaman layanan.  Setiap langkah dijelaskan secara mendetail, termasuk gambar atau materi relevan lainnya yang dapat membantu memahami spesifikasi. Spesifikasi layanan dapat digunakan untuk membantu para ahli dalam proses desain dan pengembangan (memberikan pengarahan kepada mereka tentang aktivitas tertentu) dan untuk mengkoordinir implementasi layanan (memberikan panduan tentang bagaimana berbagai komponen digunakan). 

Contohnya seperti pelayanan pada bidang perbankan dengan aktivitas online, pihak bank memberikan pelayanan dengan cermat dan mudah. Dengan kita memberikan layanan atau fasilitas dengan baik, nilai layanan akan berpengaruh  kepada pelanggan.

Business Models (Model Bisnis)

Bisnis model adalah sebuah model dasar  dari rencana bisnis yang menjelaskan bagaimana sebuah perusahaan dapat menghasilkan keuntungan dari semua bagian bisnis. Dengan cara menentukan produk atau jasa yang harus diciptakan dan nilai apa saja yang harus diberikan kepada pelanggan. Menurut Businsses plans, ada 3 bagian yang bisa digambarkan secara sederhana:

  • Jenis produk yang dihasilkan dan ketersediaan tenaga kerja dalam membuat produk tersebut.
  • Strategi pemasaran yang dilakukan, distribusi, pengiriman, dan proses penjualan
  • Strategi harga yang digunakan serta metode pembayaran oleh pelanggan

  

Service Management System

Manajemen pelayanan adalah pendekatan yang berfokus pada pelanggan untuk menyampaikan teknologi informasi. Serta kemampuan bagaimana organisasi harus memahami tingkat kematangan proses untuk menjadi organisasi yang berorientasi layanan, memberikan nilai kepada pelanggan dan juga kepada hubungan pelanggan.

Organisasi manajemen layanan dapat berupa seluruh organisasi atau bagian khusus dari organisasi itu, yang paling umum adalah organisasi atau departemen TI. Itulah mengapa manajemen layanan sering dikaitkan dengan manajemen layanan TI, tetapi yang terakhir hanya sebagian dari yang pertama. Manajemen layanan dapat diterapkan pada organisasi apa pun seperti makanan, manufaktur, dan bahkan perawatan kesehatan, tetapi gagasan intinya tetap sama — untuk menyediakan sistem pusat untuk perencanaan, pengembangan, dan penyampaian layanan baik kepada organisasi itu sendiri maupun kepada pihak ketiga.




Sumber :

https://www.techopedia.com/definition/30103/service-management-system-sms

https://ipqi.org/apakah-business-model-itu/

https://its.ucsc.edu/itsm/servicemgmt.html#:~:text=Service%20Management%20is%20a%20customer,also%20on%20the%20customer%20relationship.

https://yasm.com/wiki/en/index.php/Service_Management_Processes

https://servicedesigntools.org/tools/service-specifications


Comments

Popular posts from this blog

Pemanfaatan Teknologi dan New Media

Kualifikasi Menjadi Auditor

Business Intelligence Tools