Pemanfaatan Teknologi dan New Media




       Istilah media baru atau new media digunakan untuk membedakannya dengan media lama. Perbedaan antara media baru dengan media lama sulit ditentukan karena tergantung pada sudut pandang seseorang. Internet dapat dikatakan sebagai awal mula media baru, karena internet sangat berbeda dengan media sebelumnya. Awalnya, penggunaan internet hanya sebatas website dan email. Setelah muncul berbagai penggunaan atau new media seperti blog, jejaring sosial, game online, konferensi video, dan lainnya. Internet menjadi wadah untuk media baru ini.            

         Internet telah menyatukan dunia seakan-akan dunia tidak mempunyai batas lagi. Sebelum adanya internet, kita hanya bisa berhubungan dengan orang yang jauh menggunakan surat atau telegram yang memakan waktu cukup lama untuk sampai ke penerima surat. Sekarang kita hanya perlu membuka aplikasi chatting untuk berhubungan dan akan sampai ke penerima saat itu juga. Sekarang internet juga sudah dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan seperti pendidikan, sosial, bisnis, dan politik.

        Internet sebagai new media dapat dimanfaatkan oleh siapapun dan untuk kepentingan apapun. Internet dapat digunakan kapan saja dan kita mendapatkan informasi yang diinginkan dengan waktu yang relative cepat mempermudah melakukan kegiatan. Situs-situs dalam internet dapat dimanfaatkan untuk mencari pengetahuan sebagai bahan pelajaran atau pun tulisan. Namun situs juga sering menampilkan konten tidak senonoh yang dapat merusak generasi, khususnya generasi muda  karena saat ini banyak anak kecil yang mahir menggunakan internet. Akan tetapi semua itu dikembalikan kepada pengguna Internet yang sebagian besar masih menggunakan Internet untuk hal-hal yang positif.

  1.  Bidang Pendidikan
           Manfaat Internet sebagai new media sangat dirasakan oleh dunia pendidikan, terutama pada pendidikan tinggi. Bagi mahasiswa yang hendak menulis karya ilmiah akan sangat mudah mencari informasi dan data-data yang dibutuhkan dengan internet. Bahkan sekarang google telah membuat platform khusus untuk tulisan-tulisan seperti jurnal, makalah atau artikel untuk dapat diakses langsung secara gratis.
           Tetapi, saat ini banyak yang menggunakan internet disaat yang tidak tepat. Sebagai contoh, searching saat ujian berlangsung. Namun hal ini hanya bisa kita cegah dari diri sendiri seperti kemauan kita untuk mendapatkan hasil murni.

  2. Bidang Sosial
           Dampak dari Internet sangat terasa dalam bidang sosial budaya yang menyangkut kehidupan sehari-hari masyarakat. Beberapa aplikasi Internet yang populer di kalangan pengguna Internet dan adalah koran online, situs jejaring sosial, situs berbagi video dan blog. Pengaruh dari new media tersebut sering juga menjangkau masyarakat yang tidak mengakses internet.
           Biasanya pengguna media sosial adalah kalangan muda. Mereka membagikan momen yang ada dalam hidupnya ke dalam internet sebagai kenangan. Sosial media bagi kalangan muda juga sebagai tempat mengeluarkan keluh kesah. Sosial media juga dapat digunakan untuk mendapat informasi, tetapi kebanyakan informasi yang beredar di social media belum tentu valid. Karena sosial media mirip seperti mulut tetangga yang mudah menyebar info tanpa melihat kebenaran dari info tersebut.



  3. Bidang Bisnis
           Dalam bidang bisnis, kita dapat memanfaatkan internet untuk memasarkan atau mempromosikan barang atau jasa yang kita sediakan. Dengan menggunakan internet sebagai alat promosi, kita bahkan dapat menjual produk sampai ke luar negeri. Sekarang telah banyak platform yang digunakan khusus untuk berjualan seperti Shopee, Tokopedia, Amazon, dll.
           Pembayaran untuk jasa dan barang yang kita sediakan dapat ditransfer atau menggunakan aplikasi pembayaran yang telah ada. Karena lalu lintas di sini tidak dapat sepenuhnya di awasi, banyak oknum yang menggunakan platform berjualan ini untuk menipu, menjual barang bajakan, dan sebagainya yang tentunya merugikan berbagai pihak
                                  



  4. Bidang Politik
           Pada bidang politik, internet sebagai new media dibutuhkan untuk mendapat publisitas. Internet dimanfaatkan untuk mempromosikan tokoh politik atau partai politik secara parallel untuk dapat dikenal oleh semua orang. Pada bidang politik, semua media yang potensial entah itu new media atau bahkan old media akan digunakan untuk meningkatkan popularitas.
           Untuk mendapatkan suara rakyat, tokoh politik harus dikenal terlebih dahulu. Oleh karena itu, kebanyakan tokoh politik dan partai politik memiliki social media yang mencerminkan dirinya. Biasanya mereka akan berinteraksi dengan pendukung dan menerima dukungan untuk memenangkan suara saat pemilihan.



       Dari penjelasan diatas, kita dapat menyimpulkan bahwa internet sebagai new media banyak membawa dampak positif bagi seluruh penggunanya. Seperti mendekatkan yang jauh, membantu menghemat waktu dan tenaga, mempermudah pekerjaan, dan lain-lain. 
       Internet sebagai new media juga memiliki beberapa dampak negatif, seperti penipuan, banyak berita hoax, banyak situs-situs tidak senonoh, dan lainnya. Sebenarnya, penggunaan internet tergantung pada diri sendiri. Jika kita menggunakannya dengan baik, kita juga yang mendapatkan manfaatnya. Jika kita menggunakannya dengan buruk, kita juga yang harus menanggung konsekuensi nya.



Source : 
Pemanfaatan Internet Sebagai New Media Dalam Bidang Politik, Bisnis, Pendidikan Dan Sosial Budaya - James R. Situmorang
http://journal.unpar.ac.id/index.php/JurnalAdministrasiBisnis/article/viewFile/418/402

Comments

Popular posts from this blog

Kualifikasi Menjadi Auditor

Business Intelligence Tools