SEJARAH PERKEMBANGAN SISTEM INFORMASI DAN TEKNOLOGI INFORMASI

        Perkembangan Sistem Informasi dalam kehidupan manusia seiring dengan peradaban manusia itu sendiri sampai akhirnya mengenal istilah "Teknologi Informasi". dimulai dari bentuk gambar yang tak bermakna pada dinding-dinding. sampai informasi yang kemudian dikenal dengan internet. Dari tahun ke tahun sistem informasi semakin maju, semakin modern dan semakin luas cakupan informasinya. Pengembangan sistem informasi dimulai dari tingkat kebutuhan masyarakat. Dengan tingginya kebutuhan masyarakat akan informasi maka akan semakin cepat pula sistem informasi mengalami pengembangan.

        Sistem Informasi adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen. Dalam arti yang sangat luas, istilah sistem informasi yang sering digunakan merujuk kepada interaksi antara orang, proses algoritmik, data, dan teknologi. Teknologi Informasi adalah istilah umum untuk teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi.


SEJARAH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI

1.      Masa Pra Sejarah (... s/d 3000SM)
Pada masa ini, sejarah teknologi informasi digunakan sebagai pengenalan bentuk bentuk yang ingin dikenal. Informasi yang didapatkan kemudian digambarkan pada dinding-dinding gua atau tebing-tebing bebatuan. informasi disebarkan melalui gambar atau lukisan karena pada saat itu kemampuan berbahasa hanya berkisar pada suara dengusan dan isyarat tangan. perkembangan selanjutnya, mereka mulai menggunakan alat-alat untuk yang menghasilkan suara dan isyarat, seperti gendang, terompet dari tanduk binatang, isyarat asap sebagai tanda keadaan tertentu.

 

2.      Masa Sejarah (3000 SM s/d 1400 M)
Pada masa sejarah, teknologi informasi berembang pada masyarakat kalangan atas seperti kepala suku atau kelompok, digunakan pada kegiatan tertentu seperti upacara dan ritual. 
 

a.      Masa Tahun 3000 SM
Pada masa ini, orang mulai mengenal simbol atau tulisan. Bangsa yang pertama kali mengenali simbol untuk informasi adalah Bangsa Sumeria. Tulisan yang digunakan saat itu berupa simbol yang dibentuk dari pictograf sebagai huruf.

b.      Masa Tahun 2900 SM
Pada masa ini ditemukan bahwa Bangsa Mesir Kuno sudah mengenal dan menggunakan huruf yang disebut Hieroglioh. Huruf ini sudah merupakan bahasa simbol untuk sebuah ungkapan. bentuk dan bahasa Hierogliph ini lebih maju dan lengkap dibandingkan tulisan Bangsa Sumeria. 

c.       Masa Tahun 500 SM
Pada masa ini ditandai dengan pengenalan pada media informasi yang sebelumnya menggunakan lempengan tanah liat. Manusia juga sudah mengenal media untuk menyimpan informasi yang lebih baik dengan serat pohon papyrus yang tumbuh di sekitar Sungai Nil dijadikan media menulis pada saat itu.


3.      Masa Modern (1400 s/d sekarang)

a.      Masa Tahun 1455
Masa ini ditandai dengan upaya menciptakan mesin cetak. Manusia sudah menggunakan mesin cetak yang berupa plat huruf yang terbuat dari besi. Kemudian Johann Gutenberg mengembangkan bingkai terbuat dari kayu yang menggantikan plat besi.

b.      Tahun 1830
Orang sudah mengenal program komputer.
 Agusta Lady Byron pertama menulis program komputer yang bekerja sama dengan Charles Babbage menggunakan mesin analytical. Program mesin analytical dengan program didesain untuk mampu mengolah data dan menghasilkan bentuk keluaran dalam sebuah kartu. Mesin ini merupakan cikal bakal komputer digital pertama ENIAC I.

c.       Tahun 1837
ditandai dengan teknologi pengiriman informasi. Samuel Morse mengembangkan telegraph dan bahasa kode morse bersama Sir William Cook dan Sir Charles Wheatstone. Mereka mengirim informasi secara elektronik antara dua tempat berjauhan menggunakan kabel untuk menghubungkan kedua tempat tersebut.

d.      Tahun 1876
Melvyl Dewey mengembangkan sistem penulisan desimal.

e.      Tahun 1877
Alexander Graham Bell mengembangkan telpon yang dipergunakan secara umum.
Edward Maybridge menemukan fotografi dengan kecepatan tinggi.

f.        Tahun 1899. Sistem penyimpanan dalam tape (pita) magnetis digunakan untuk pertama kalinya.

g.      Tahun 1923. Tabung TV pertama diciptakan oleh Zvorkyn

h.      Tahun 1945. Vannevar Bush mengembangkan sistem pengkodean menggunakan hypertext.

i.        Tahun 1946. ENIAC I, Komputer digital pertama di dunia dikembangkan

j.        Tahun 1972. Ray Tomlinson menciptakan program E-mail pertama.

k.       Tahun 1973-1990
istilah internet diperkenalkan dalam sebuah paper mengenai TCP/IP (Transmission Control Protocol) kemudian dilakukan pengembangan sebuah protokol jaringan yang dikenal dengan nama TCO/IP yang dikembangkan oleh grup dari DARPA.

l.        Tahun 1992 pembentukan komunitas internet, dan memperkenalkan istilah WWW (World Wide Web) oleh CERN.

m.    Tahun 1993
NSF membentuk Inter
NIC untuk menyediakan jasa pelayanan internet menyangkut direktori dan penyimpanan data serta database (AT&T), jasa registrasi (Network Solution Inc), dan jasa informasi (General Atomics/CERFnet).


SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER

1.      Komputer Generasi Pertama

Saat Perang Dunia Kedua, negara negara yang ikut dalam perang tersebut harus berusaha untuk mengembangkan komputer yang akan digunakan untuk mengeksploit potensi strategis yang dimiliki komputer. Oleh karena itu, adanya peningkatan pendanaan dari negara untuk mempercepat pengembangan komputer serta kemajuan teknik komputer.

Tahun 1941, insinyur asal jerman, Kornad Zuse berhasil membangun sebuah komputer ‘Z3’ yang digunakan untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali. Di pihak sekutu, Inggris di tahun 1943 telah menyelesaikan komputer yang digunakan untuk memecahkan kode rahasia yang digunakan militer Jerman. Komputer tersebut diberi nama Colussus. Dari pihak US, Howard H, seorang insinyur Harvard yang bekerja di IBM berhasil memproduksi kalkulator elektronik untuk US Navy.

Perkembangan komputer lain pada saat itu adalah Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC), yang dibuat oleh kerjasama antara pemerintah US dan University of Pennsylvania. Tahun 1940 an, John von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC) dengan sebuah memori yang menampung baik komputer maupun data. Tahun 1951 Universal Automatic Computer i) yang dibuat oleh Remington Radd menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur von Neumann.

Ciri –ciri komputer generasi pertama:

a.      Komponen yang dipergunakannya adalah tabung hampa udara (Vacum tube) untuk sirkuitnya.

b.      Program hanya dapat dibuat dengan bahasa mesin: Assembler.

c.     Ukuran fisik komputer besar, memerlukan ruangan yang luas.

d.    Cepat panas.

e.     Proses kurang cepat.

f.      Kapasitas penyimpanan kecil.

g.      Memerlukan daya listrik yang besar.

h.      Orientasi pada aplikasi bisnis.

1.      Komputer Generasi Kedua

Pada tahun 1948, penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tabung vakum di televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis. Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956. Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya.

Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer. IBM membuat superkomputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC. Komputer-komputer ini, yang dikembangkan untuk laboratorium energi atom, dapat menangani data dalam jumlah yang besar. Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa Assembly. Bahasa Assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singkatan untuk menggantikan kode biner. Pada awal 1960-an, mulai bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di bidang bisnis, di universitas, dan di pemerintahan.

Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka juga memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat ini: printer, penyimpanan dalam disket, memori, sistem operasi, dan program.


1.      Komputer Generasi Ketiga

Meski transistor lebih unggul dari tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC: integrated circuit) di tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Para ilmuwan berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dipadatkan dalam chip.

Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara bersama-sama dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.

Ciri-ciri komputer generasi ketiga adalah:

a.      Komponen yang digunakan adalah IC (Integrated Circuits).

b.      Peningkatan dari softwarenya.

c.       Pemrosesan lebih cepat.

d.      Kapasitas memori lebih besar.

e.      Penggunaan listrik lebih hemat.

f.        Bentuk fisik lebih kecil.

g.      Harga semakin murah.


1.      Komputer Generasi Keempat

Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil. Sebelumnya, IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang spesifik. Sekarang, sebuah mikroprosesor dapat diproduksi dan kemudian diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan. Tidak lama kemudian, setiap perangkat rumah tangga seperti microwave oven, televisi, dan mobil dengan electronic fuel injection dilengkapi dengan mikroprosesor.

Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang berada di atas meja (desktop computer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau bahkan komputer yang dapat digenggam (palmtop). IBM PC bersaing dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasar komputer. Apple Macintosh menjadi terkenal karena mempopulerkan sistem grafis pada komputernya, sementara saingannya masih menggunakan komputer yang berbasis teks.

Ciri-ciri komputer generasi keempat adalah:

a.      Menggunakan Large Scale Integration (LSI).

b.      Dikembangkan komputer mikro yang menggunakan microprocessor dan semiconductor yang berbentuk chip untuk memori komputer.

2.      Komputer Generasi Kelima (Sekarang)

Banyak kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi semakin memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model non Neumann. Model non Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan lain adalah teknologi super konduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.

Generasi ini ditandai dengan munculnya: LSI (Large Scale Integration) yang merupakan pemadatan ribuan microprocessor ke dalam sebuah microprocessor. Selain itu, juga ditandai dengan munculnya microprocessor dan semi conductor.



Sumber:

https://books.google.co.id/books?id=d5jJDAAAQBAJ&lpg=PA1&ots=CS8FZBr4Bk&dq=sejarah%20perkembangan%20sistem%20informasi%20dan%20teknologi%20informasi&lr&pg=PA3#v=snippet&q=sistem%20informasi%20adalah&f=true

staffsite.gunadarma.ac.id

https://www.vistacampus.gov/journal/sejarah-panjang-komputer

Comments

Popular posts from this blog

Pemanfaatan Teknologi dan New Media

Kualifikasi Menjadi Auditor

Business Intelligence Tools